Mouse (komputer)
Sebuah mouse komputer dengan fitur standar yang paling umum: dua tombol dan roda gulir, yang juga dapat berfungsi sebagai tombol ketiga
Dalam komputasi , mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi dua dimensi gerak relatif untuk mendukung permukaannya. Secara fisik, mouse terdiri dari sebuah objek yang diselenggarakan di bawah salah satu tangan pengguna, dengan satu atau lebih tombol. Kadang-kadang fitur unsur-unsur lain, seperti "roda", yang memungkinkan pengguna untuk melakukan operasi berbagai sistem yang bergantung, atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambah kontrol atau masukan dimensi. Mouse's motion biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan sebuah kursor pada layar , yang memungkinkan untuk kontrol halus dariantarmuka pengguna grafis .
Publikasi dikenal pertama dari "istilah" mouse sebagai perangkat penunjuk di Teman 1965 publikasi Bill Inggris "Computer-Aided Display Control".
The Compact Oxford Kamus Inggris (edisi ketiga) dan edisi keempat The American Heritage Kamus Bahasa Inggris mendukung tikus komputer baik dan mouse komputer sebagai bentuk jamak yang benar untuk mouse komputer. Beberapa penulis dokumen teknis yang mungkin lebih baik perangkat mouse atau menunjuk perangkat generik lebih. The mouse jamak memperlakukan tikus sebagai " kata benda headless ".
tikus Awal

Awal mouse paten. Dari kiri ke kanan: roda trek Menentang oleh Engelbart, November 1970, US Patent 3541541 .Bola dan roda oleh Rider, September 1974,US Patent 3835464 . Ball dan dua rol dengan musim semi oleh Opocensky, Oktober 1976, US Patent 3987685
The trackball diciptakan oleh Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor bekerja di Royal Canadian Angkatan Laut DATAR proyek pada tahun 1952. Ia menggunakan standar Kanada lima-pin bowling bola. Itu tidak dipatenkan, karena merupakan proyek militer rahasia.
Independen, Douglas Engelbart di Stanford Research Institute menemukan prototipe mouse pertama pada tahun 1963, dengan bantuan koleganya Bill Inggris . Mereka dibaptis mouseperangkat sebagai model awal memiliki kabel yang menempel pada bagian belakang perangkat menyarankan ekor dan umumnya menyerupai umum mouse . Engelbart tidak pernah menerima royalti untuk itu, sebagai patennya berlari keluar sebelum menjadi banyak digunakan di komputer pribadi.
Penemuan mouse hanya sebagian kecil dari jauh lebih besar proyek Engelbart, bertujuan untuk menambah kecerdasan manusia.

Komputer mouse pertama, yang diselenggarakan oleh penemu Douglas Engelbart , memperlihatkan roda yang membuat kontak dengan permukaan kerja
Beberapa lainnya percobaan menunjuk-alat dikembangkan untuk's oN Engelbart-Line System (NLS ) dieksploitasi gerakan tubuh yang berbeda - misalnya, kepala-mount perangkat yang terpasang pada dagu atau hidung - tapi akhirnya mouse menang karena kesederhanaan dan kenyamanan. Mouse pertama, sebuah alat besar (foto) menggunakan dua roda gigi-roda saling tegak lurus: rotasi setiap roda diterjemahkan ke dalam gerakan sepanjang satu sumbu . Engelbart menerima paten US3, 541541 pada tanggal 17 November 1970 untuk sebuah "Posisi XY Indikator Sistem Display". Pada saat itu, Engelbart dipertimbangkan bahwa pengguna akan memegang mouse terus menerus di satu tangan dan ketik pada lima-key chord keySet dengan yang lain. Konsep ini diawali pada abad ke-19 oleh telautograph , yang juga mengantisipasi mesin faks .

Sebuah Smaky mouse, seperti ditemukan di EPFL oleh Jean-Daniel Nicoud dan André Guignard
Hanya beberapa minggu sebelum Engelbart merilis demo pada 1968, mouse sudah dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan Jerman Telefunken . Tidak seperti mouse Engelbarts, model Telefunken memiliki bola, seperti dapat dilihat dalam model kemudian kebanyakan hingga saat ini. Sejak tahun 1970 ia dikirim sebagai bagian dan dijual bersama dengan Telefunken Komputer. Beberapa model dari tahun 1972 yang masih terawat dengan baik.
Yang terintegrasi mouse dipasarkan kedua - dikirimkan sebagai bagian dari komputer dan ditujukan untuk navigasi komputer pribadi - datang dengan Xerox 8010 Star Sistem Informasi pada tahun 1981. Namun, mouse tetap relatif jelas sampai munculnya dari Apple MacIntosh , termasuk versi terbaru dari aslinya Mouse Lisa . Pada tahun 1984 PC kolumnis John C. Dvorak acuh mengomentari merilis komputer baru dengan mouse: Tidak ada bukti bahwa orang-orang ingin menggunakan hal-hal ini ".
Varian
Teknik tikus
![]() Mengoperasikan mouse OPTO-mekanis. 1. menggerakkan mouse berubah bola. 2. X dan Y pegangan rol dan perpindahan bola 3. Optical encoding disk meliputi lubang cahaya. 4. Infrared LED bersinar melalui disk. 5. Sensor mengumpulkan pulsa cahaya untuk mengubah ke dan Y vektor X. |
Bill Inggris , pembangun asli tikus Engelbart, menemukan mouse bola pada tahun 1972 saat bekerja untuk Xerox PARC .
Bola-menggantikan roda mouse eksternal dengan bola tunggal yang dapat memutar ke segala arah. Itu datang sebagai bagian dari paket perangkat keras dari Alto Xerox komputer. Tegak lurus roda helikopter ditempatkan di dalam tubuh tikus cincang berkas cahaya dalam perjalanan ke sensor cahaya, sehingga pada gilirannya mereka mendeteksi gerakan bola. Ini varian dari mouse mirip terbalik trackball dan menjadi bentuk utama yang digunakan dengan komputer pribadi sepanjang tahun 1980 dan 1990-an. Kelompok Xerox PARC juga menetap di teknik modern menggunakan kedua tangan untuk mengetik pada keyboard ukuran penuh dan meraih mouse bila diperlukan.

Mekanik mouse, ditunjukkan dengan penutup atas dilepas
Mouse bola memiliki dua rol berputar bebas. Mereka terletak 90 derajat terpisah. Satu rol mendeteksi gerakan maju-mundur dari mouse dan lainnya gerakan kiri-kanan. Sebaliknya dua rol adalah sepertiga (putih, di foto, di 45 derajat) yang pegas untuk mendorong bola terhadap dua rol lainnya.Setiap roller pada poros yang sama sebagai encoderroda yang telah ditempatkan tepi; slot mengganggu cahaya sinar inframerah untuk menghasilkan pulsa elektrik yang mewakili gerakan roda.
Setiap disk roda, bagaimanapun, memiliki sepasang cahaya balok, terletak sehingga balok diberikan menjadi terganggu, atau lagi mulai lulus cahaya bebas, ketika sinar lain dari pasangan adalah sekitar pertengahan antara perubahan. Wikipedia sirkuit logika menafsirkan waktu relatif untuk menunjukkan arah mana roda berputar.(Skema ini kadang-kadang disebut "encoding quadrature") mouse mengirimkan sinyal-sinyal ke sistem komputer melalui sebuah IC data-format dan kabel mouse. Perangkat lunak driver dalam sistem mengubah sinyal ke dalam gerakan kursor mouse sepanjang sumbu X dan Y pada layar.
Bola sebagian besar baja, dengan permukaan karet bola presisi. Berat bola, diberi permukaan kerja tepat di bawah mouse, memberikan pegangan yang dapat diandalkan sehingga gerakan mouse ditransmisikan secara akurat.
Ball tikus dan tikus roda yang diproduksi untuk Xerox oleh Jack Hawley, melakukan usaha sebagai Rumah Mouse di Berkeley, California, dimulai pada tahun 1975.
Berdasarkan penemuan lain oleh Jack Hawley, pemilik House Mouse, Honeywell menghasilkan jenis lain dari mouse mekanik. Alih-alih bola, ia memiliki dua roda berputar pada sumbu off. Keytronic kemudian menghasilkan produk serupa.
Modern tikus komputer mengambil formulir di École Polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) di bawah inspirasi Profesor Jean-Daniel Nicoud dan di tangan para insinyur dan pembuat jam tangan André Guignard ini desain baru dimasukkan karet mouseball keras tunggal dan tiga tombol , dan tetap menjadi desain umum sampai adopsi mainstream dari roda mouse gulir selama tahun 1990-an Pada tahun 1985, René Sommer menambahkan mikroprosesor untuk Nicoud dan's desain Guignard. Melalui inovasi ini, Sommer dikreditkan dengan menciptakan sebuah signifikan komponen mouse, yang membuatnya lebih "cerdas;" optik dari tikus Mouse Systems telah dimasukkan mikroprosesor pada 1984. meskipun
Tipe lain dari mouse mekanik, "mouse analog" (sekarang umumnya dianggap sebagai usang), menggunakan potensiometer daripada roda encoder, dan biasanya dirancang untuk plug-kompatibel dengan joystick analog. The "Warna Mouse", awalnya dipasarkan oleh Radio Shackuntuk mereka Color Komputer (tetapi juga digunakan pada MS-DOS mesin dilengkapi dengan port joystick analog, menyediakan software menerima masukan joystick) adalah contoh terbaik dikenal.
tikus Optik
Sebuah mouse optik wireless pada mouse pad
Artikel utama: Optical mouse
Sebuah mouse optik menggunakan Dioda cahaya dan dioda untuk mendeteksi gerakan relatif terhadap permukaan yang mendasari, bukan bagian yang bergerak internal seperti halnya mouse mekanis.
dan gyroscopic tikus Inertial
Sering disebut "tikus udara" karena mereka tidak memerlukan permukaan untuk beroperasi, tikus inersia menggunakan garpu tala atau accelerometer ( US Patent 4.787.051 ) untuk mendeteksi gerakan putar untuk setiap sumbu didukung. Model yang paling umum (diproduksi oleh Logitech dan rotasi) bekerja menggunakan 2 derajat kebebasan rotasi dan tidak sensitif terhadap terjemahan spasial. Pengguna hanya membutuhkan rotasi pergelangan tangan kecil untuk memindahkan kursor, mengurangi kelelahan pengguna atau " lengan gorila ". Biasanya cordless, mereka sering memiliki tombol untuk menonaktifkan sirkuit gerakan antara penggunaan, yang memungkinkan pengguna kebebasan bergerak tanpa mempengaruhi posisi kursor. Sebuah paten untuk klaim tikus inersia bahwa tikus tersebut mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan berdasarkan tikus optik, dan menawarkan sensitivitas meningkat, mengurangi berat badan dan meningkatkan kemudahan penggunaan. Dalam kombinasi dengan keyboard wireless mouse inersia dapat menawarkan alternatif pengaturan ergonomis yang tidak memerlukan permukaan datar kerja, berpotensi mengurangi beberapa jenis cedera gerakan berulang yang berkaitan dengan postur workstation.
Operasi
mouse biasanya mengendalikan gerak sebuah kursor dalam dua dimensi dalam antarmuka pengguna grafis (GUI). Mengklik atau melayang (menghentikan gerakan sedangkan kursor berada dalam batas-batas wilayah) dapat memilih file, program atau tindakan dari daftar nama, atau (dalam antarmuka grafis) melalui gambar kecil yang disebut "ikon" dan elemen lainnya. Sebagai contoh, sebuah file teks yang mungkin diwakili oleh gambar notebook kertas, dan mengklik sedangkan kursor melayang ikon ini dapat menyebabkan sebuah program mengedit teks untuk membuka file tersebut pada sebuah window. (Lihat juga point-and-click )
Pengguna juga dapat menggunakan tikus gesturally, yang berarti bahwa gerakan bergaya dari kursor mouse itu sendiri, yang disebut " sikap", bisa mengeluarkan perintah atau peta untuk tindakan tertentu. Sebagai contoh, dalam program menggambar, menggerakkan mouse dalam gerakan cepat "x" atas bentuk mungkin menghapus bentuk.
interface gestural terjadi lebih jarang dari biasa menunjuk-dan-klik, dan orang sering menemukan mereka lebih sulit untuk digunakan, karena mereka membutuhkan lebih halus motor-kontrol dari pengguna. Namun, beberapa konvensi gestural telah menjadi luas, termasuk drag-and-drop isyarat, di mana:
1. User menekan tombol mouse sedangkan kursor mouse di atas objek antarmuka
2. Pengguna memindahkan kursor ke lokasi lain sambil menahan tombol ke bawah
3. Pengguna melepaskan tombol mouse
Sebagai contoh, pengguna dapat drag-and-drop gambar yang mewakili sebuah file ke sebuah gambar dari sebuah tempat sampah , sehingga memerintahkan sistem untuk menghapus file.
Kegunaan lain input mouse terjadi umumnya pada domain aplikasi khusus. Dalam interaktif grafis tiga dimensi , gerakan mouse sering diterjemahkan langsung ke dalam perubahan virtual orientasi kamera. Misalnya, dalam genre penembak orang pertama permainan (lihat di bawah), pemain biasanya menggunakan mouse untuk mengendalikan arah di mana "kepala" pemain virtual wajah: menggerakkan mouse ke atas akan menyebabkan pemain untuk mencari, mengungkap view di atas kepala pemain. Sebuah fungsi yang terkait membuat gambar objek berputar, sehingga semua pihak dapat diperiksa.
Ketika tikus memiliki lebih dari satu tombol, perangkat lunak dapat menetapkan fungsi yang berbeda untuk setiap tombol. Seringkali, primer (paling kiri pada tangan kanan ) tombol konfigurasi pada mouse akan memilih item, dan tombol (paling kanan di tangan kanan) sekunder akan memunculkan sebuah menu tindakan alternatif yang berlaku untuk item itu. Misalnya, pada platform dengan lebih dari satu tombol,Mozilla web browser akan mengikuti link untuk menanggapi klik tombol utama, akan memunculkan sebuah menu kontekstual tindakan alternatif untuk link yang dalam menanggapi suatu-klik tombol sekunder, dan akan sering membuka link dalam sebuah baru tab atau windowsebagai respons terhadap klik dengan tombol (tengah) tikus tersier.
Berbagai cara operasi penyebab mouse hal-hal khusus terjadi di GUI:
§ Klik: menekan dan melepaskan tombol.
§ (Kiri) Single-klik : mengklik tombol utama.
§ (Kiri) Double-klik : mengklik dua kali tombol pada jumlah berturut-turut sebagai tanda yang berbeda dari dua klik tunggal terpisah.
§ (Kiri) Triple-klik : mengklik tombol tiga kali berturut-turut.
§ Klik kanan: mengklik tombol sekunder.
§ Tengah-klik: mengklik tombol terner.
§ Drag: menekan dan menahan sebuah tombol, kemudian menggerakkan mouse tanpa melepaskannya. (Gunakan perintah "geser dengan tombol mouse kanan" bukan hanya "drag" ketika Anda memerintahkan user untuk menyeret objek sambil memegang tombol mouse kanan bawah bukan tombol mouse kiri lebih umum digunakan.)
§ Tombol chording (alias Rocker navigasi).
§ Kombinasi klik kanan lalu klik kiri.
§ Kombinasi klik kiri kemudian klik kanan atau surat keyboard.
§ Kombinasi kiri atau klik kanan dan roda mouse.
§ Mengklik sambil menekan sebuah tombol pengubah .
Standar gerakan semantik meliputi:
§ Rollover
§ Seleksi
§ Menu traversal
§ Menunjuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar